Perkembangan ekonomi telah mendorong terbentuknya organisasi
dalam berbagai bentuk. Dari segi unit usaha maupun dari segi tujuan yang ada
disekeliling kita, dapat diamati bahwa masing-masing unit usaha mempunyai
karakteristik yang berbeda-beda baik dari segi skala usaha untuk mencapai
tujuan masing-masing organisasi, kepemilikan, permodalan, pembagian laba sampai
tanggung jawab. Berdasarkan karakteristik yang berbeda tersebut maka tiap unit
usaha memerlukan pengelolaan yang berbeda pula. Setiap organisasi yang
didirikan dapat berbentuk Organisasi Niaga (Perseroan Terbatas, CV, Joint
Ventura, Fa, Koperasi, Trust, Kartel, Holding Company), Organisasi Sosial
maupun Organisasi Regional dan Internasional.
Berbagai
organisasi-organisasi tersebut memiliki karakteristik yang beraneka ragam yang
dapat menghasilkan keuntungan dan kerugian masing-masing. Apabila kita ingin
mendirikan suatu unit bisnis, maka kita akan memilih bentuk yang paling sesuai
dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mendapatkan tujuan dari unit bisnis atau
organisasi tersebut.
Keragaman
bentuk organisasi yang ada dapat dibedakan secara jelas ketika kita
membandingkan toko kelontong, supermarket, konsultan hukum, atau perusahaan
otomotif. Masing-masing unit bisnis atau organisasi tersebut memiliki
karakteristik yang berbeda-beda. Demikian pula yang akan kita bahas pada
makalah ini seperti Organisasi Niaga, Regional dan Internasional, antara
klasifikasi disetiap masing organisasi-organisasi tersebut terdapat perbedaan
karakteristik pada pembentukan organisasi, tujuan organisasi maupun segi
keuntungan organisasi sendiri.
ORGANISASI NIAGA
Organisasi
Niaga Adalah Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macamnya
yaitu :
- Perseroan Terbatas (PT)
- Perseroan Komanditer (CV)
- Firma (FA)
- Koperasi
- Join ventura
- Trus
- Kontel
- Holding Company
ORGANISASI SOSIAL
Organisasi
Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat
Jalur
pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
- Jalur Keagamaan
- Jalur Profesi
- Jalur Kepemudaan
- Jalur Kemahasiswaan
- Jalur Kepartaian & Kekaryaan
BENTUK ORGANISASI
Bentuk-bentuk
organisasi :
-
Bentuk Organisasi Staff
- Bentuk Organisasi Lini
- Bentuk Organisasi Fungsional
- Bentuk Organisasi Fungsional & Lini
- Bentuk Organisasi Fungsional & Staff
- Bentuk Organisasi Lini &Staff
Struktur /
bagan organisasi memperlihatkan satuan-satuan organisasi, hubungan-hubungan
& saluran wewenang & tanggung jawab yang ada dalam organisasi,
digunakan untuk mengatur kelancaran organisasi
Pengertian
bentuk organisasi sering disamakan dengan tipe organisasi, padahal keduanya
berbeda. Menurut tipenya organisasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu
organisasi dengan tipe piramid dan organisasi dengan tipe kerucut. Bentuk
organisasi memandang organisasi dari segi tata hubungan , wewenang (authority)
, dan tanggung jawab (Responsbility), yang ada dalam suatu organisasi
ARTI PENTING
ORGANISASI DAN METODE
Pengertian
organisasi dan metode (secara lengkap) adalah rangkaian proses kegiatan yang
harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang
menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan
fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang
sudah ditetapkan.
Dari
pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
-
Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang
setepat-tepatnya,
-
Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen,
- Organisasi
dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia, dan
-
Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk
mencapai tujuan.
Dari uraian
di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan
metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan
salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Manajemen
pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus
dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang
lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan
waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
Kegiatan
manajemen :
Planning (perencanaan)
Merupakan proses kegiatan pemikiran,
dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan secara rasional
sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya
Merupakan kegiatan non fisik (kejiwaan)
sebelum melaksanakan kegiatan fisik sangat diperlukan dalam rangka mengarahkan
tujuan dan sasaran organisasi serta tujuan suatu program pembangunan
Organizing (pengorganisasian)
Merupakan proses penyusunan pembagian
kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai
orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat
Dilakukan demi perencanaan, pelaksanaan
dan pembagian kerja yang tepat
Harus diperhatikan dalam penempatan
orang (staffing) dilakukan secara obyektif.
Motivating (pendorongan)
Merupakan proses kegiatan yang harus
dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai
Mencakup segi-segi perangsang baik yang
bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat, pendidikan dan pengembangan karier,
pemberian cuti dan sebagainya maupun yang bersifat jasmaniah seperti sistem
upah yang baik dan memotivasi, pemberian tunjangan, penyediaan fasiliatas yang
lengkap, dan sebagainya
Controlling (pengendalian)
Merupakan rangkaian kegiatan yang harus
dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga
dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan
Sangat penting untuk mengetahui sampai
dimana pekerjaan sudah dilaksanakan
Dapat dilakukan evaluasi, penentuan
tindakan korektif ataupun tindak lanjut, sehingga pengembangan dapat
ditingkatkan pelaksanaannya
Keempat
kegiatan manajemen tersebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber
ataupun sarana yang harus didayagunakan secara tepat. Sumber-sumber yang
dimaksud disebut 6 M (The six M’s in management), yaitu:
- Manusia atau tenaga kerja (man power).
- Uang atau dana (money).
- Bahan-bahan atau material (materials).
- Mesin dan peralatan (machine and equipment).
- Tata kerja atau (methods)
- Pasar (market).
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/teori-organisasi-umum-2-1/macam-organisasi
0 komentar:
Posting Komentar