Pengertian manajemen adalah proses
kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu
sebagai
faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya
tujuan.
Istilah
organisasi dapat diartikan sebagai : Wadah sekelompok manusia untuk saling
bekerja sama
Proses :
pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Sedangkan
istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan
secara efisien.
Pengertian
organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian
proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber
dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka
mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Sedangkan,
metode merupakan cara untuk melaksanakan kegiatan itu dengan benar dan berhasil
sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia guna mencapai tingkat
efisiensi yang maksimal.
Hubungan
Timbal Balik Antara Manajemen dan Organisasi
Karena pada
proses kegitan tersebut sudah ada organisasi sebagai wadah atau tempat
berkumpulnya, jadi kerjasama untuk penyelesaian kegiatan tersebut lebih
efektif. Sehingga secara langsung antara manajemen dan organisasi terjadi
hubungan timbal balik yang baik karena keduanya saling memerlukan, dengan adanya
keduanya sehingga kejasama yang dibangun lebih efekif dalam pencapaian tujuan.
Hubungan
Timbal Balik Antara Manajemen dan Metode (Tata kerja)
Dimana suatu
manajemen dengan adanya metode atau tata kerja lebih teratur karena pada proses
kegiatan tersebut dapat ditangani secara bertahap dan lebih terfokus sehingga
jika terjadi kejanggalan dapat lebih ditangani secara cepat dan tepat sasaran,
sehingga waktu yang ada tidak terbuang dengan percuma dan tidak terjadi
pemborosan. Jadi untuk mencapai tujuan dapat lebih tepat sasaran.
Hubungan
Timbal Balik Antara Organisasi dan Metode (Tata Kerja)
Dengan
adanya metode atau tata kerja dalam organisasi sehingga pada proses kegiatan
dapat menyusun perencanaan kerja, dengan lebih terkoordinir dalam membentuk
sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dengan memanfaatkan waktu yang ada
dengan sebaik-baiknya dan tepat dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sehingga hubungan timbale baliknya juga sangat baik.
Hubungan
Timbal Balik Antara Organisasi, Manajemen dan Metode (Tata Kerja)
Jika ada
organisasi, manajemen dan metodenya dilakukan dengan kerjasama yang baik,
pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan
lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai
tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal.
Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal
balik itu akan saling menguntungkan untuk ketiganya.
Eratnya
hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai
berikut :
Manajemen: proses kegiatan pencapaian
tujuan melalui kerja sama antar manusia.
Organisasi: alat bagi pencapaian tujuan
tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
Tata Kerja: pola cara-cara bagaimana
kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai
secara efisien.
Dari konsep
tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya
diarahkan kepada tercapainya tujuan.
http://www.kisutmengkerut.com/2012/10/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/manajemen-tata-kerja-dan-organisasi/
http://www.kisutmengkerut.com/2012/10/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/manajemen-tata-kerja-dan-organisasi/
0 komentar:
Posting Komentar