Organisasi Identik dengan sekelompok
Individu yang Terstruktur dan Sistematis yang berada dalam sebuah sistem.
Pengertian Organisasi adalah wadah untuk sekelompok individu berinteraksi dalam
wewenang tertentu. Organisasi yang di bentuk terdiri dari berbagai kelompok
yang memiliki kepentingan yang sama untuk mewujudkan tujuan bersama.
Manajemen
adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk
menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan
sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
Fungsi
Management dari:
- George
r.tery:
manajemen
organisasi terdiri dari:
-perencanaan(planning):yaitu
rencana setiap menajer tentu memiliki rencana untuk memajukan misi.visi
perusahaannya agar terus berkembang dan maju dalam persaingan terhadap
perusahaan yang lain
-pengorganisasian(organizing):dan
fungsi organisasi untuk mewujudkan agar planning dalam organisasi dan manajemen
dapat terlaksana oleh karena itu dibutuhkan organisasi untuk menjalankan
rencana
-actuating:yang
dimaksud dengan actuating adalah menepatkan sefgala sesuatu sesuai prosedurnya
-pengawasan(controling):dan
menurut George r.terry agar organisasi terus berjalan dengan baik maka
dibutuhkan pengawasan dari manajer/orag yang mengatur organisasi tersebut.
- Henry
fayol
sedangkanh
menurut henry fungsi manager mempunyai 5 peranan yaitu sebagai berikut:
-perencanaan(planning)
-mengorganisir(organizing)
-memerintah(commanding):dan
menurut henry fayol menajer mempunytai hak untuk memerintah kepada
staff/oraganisasi.dan fungsi menager dapat dikatakan juga sebagai mengatur dan
memerintah
-penyelarasan(coordinating)
-mengawasi(controlling)
- luther
m.gulick
dan menurut
luther dia mempunyai perbedaan dari George diantaranya
adalah”staffing,directing,coordinating,reporting,budgeting dan luther tidak
menerapkan actuating dan menurut lauther manajemen terdiri dari :
-perencanaan(planning)
-mengorganisir(organizing)
-melengkapi
tenaga kerja(staffing):jadi fungsi staffing hanya untuk membantu manajer
melakukan dan menjalankan roda organisasi atau perusahaan.
-mengarahkan(directing):dan
fungsi manajer adalah untuk mengarahkan bawahannya agar mereka dapat
bertanggung jawab atas kewajibannya dan tidak salah langkah menfgambil
keputusan dalam pekerjaan.
-menyelarasan/kordinasi(coordinating):dan
fungsi manajer juga dapat dikatakan sebagai kordinasi antara atasan atau
bawahan,atau sesame karyawan ketika terjadi konflik didalam organisasi
tersebut/perusahaan.fungsi ini tidak begitu berbeda dengan directing.
-melaporkan(reporting):fungsi
manajer juga dapat menjadi melaporkan kepda atasan.apakah manajemen yang
terdapat dalam organisasi atau perusahaan telah berfungsi dengan baik.dan
laporan ini biasanya dijadikan acuan untuk evaluasi
-menyusun
anggaran(budgeting):dalam perusahan tentu membutuhkan anggaran.oleh karena itu
manajer dapat menjadi penyuluhan anggaran dalam perusahaan untuk menghindari
kerugian dalam perusahaan.atau menjadi solusi yang terbaik
- Ernest
dale:
Menurut
ernest fungsi manager mempunyai 7 fungsi namun 2 fungsinya berbeda dengan yang
lain yaitu innovation dan requesting
Fungsi
manager menurut ernest:
-planning
-organizing
-staffing
-directing
-inovation(inovasi):jadi
fungsi manajer tak hanya sebagai mengatur/memerintah namun ia berperan juga
sebagai pembaruan yang inovatif agar perusahaan dan organisasinya terus exsis
-requesting(meminta):fungsi
request ini tak berbeda dengan penjelasan commanding
-controling
http://www.anneahira.com/pengertian-organisasi.htm
http://putracenter.net/2008/11/21/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/
http://www.anneahira.com/pengertian-organisasi.htm
http://putracenter.net/2008/11/21/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/
0 komentar:
Posting Komentar